Anda Mengalami Stres? Hati-Hati Berdampak pada Kulit Anda

Banyak orang tahu bahwa stres dapat mempengaruhi tubuh dan perasaan kita. Stres menyebabkan ketegangan di bahu dan leher, sakit kepala, detak jantung Anda menjadi lebih cepat, dan suasana hati Anda dapat berubah dari yang baik menjadi buruk di saat itu juga. Tapi apakah Anda tahu bahwa stres juga dapat berpengaruh bagi kecantikan dan kesehatan kulit Anda?

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Cantik

Anda Mengalami Stres? Hati-Hati Berdampak pada Kulit Anda

Cantik | 0 Komentar

Semua tahu bahwa stres dapat mempengaruhi tubuh dan perasaan kita. Stres menyebabkan ketegangan di bahu dan leher, sakit kepala, detak jantung Anda menjadi lebih cepat, dan suasana hati Anda dapat berubah dari yang baik menjadi buruk di saat itu juga. Tapi apakah Anda tahu bahwa stres juga dapat berpengaruh bagi kecantikan dan kesehatan kulit Anda?

 

Ketika Anda mengalami stres, tubuh mulai menghasilkan lebih banyak hormon terutama hormon yang disebut kortisol. Kortisol memberitahu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak, yang memicu munculnya jerawat. Orang-orang yang biasanya tidak mengalami masalah jerawat, bahkan bisa muncul jerawat pada kulit wajah mereka selama sedang dalam periode stres.

Sayangnya, hormon kortisol tidak hanya dapat menyebabkan jerawat ketika Anda sedang stres, tetapi juga dapat memulai penuaan kulit Anda menjadi lebih awal. Sebuah studi menunjukkan bahwa stres yang berlangsung lama diikuti dengan kondisi yang gelisah dapat merusak DNA dalam sel-sel tubuh. Sel tubuh yang rusak dapat menyebabkan penuaan dini. Kortisol dapat memicu peradangan kulit dan merusak kolagen yang ada di kulit. Ketika kolagen di kulit telah rusak, keriput akan mulai terbentuk.

 

Stres yang berkelanjutan dapat membuat Anda terlihat lebih tua 3 sampai 6 tahun. Akibat stres kulit Anda tidak hanya akan menjadi keriput, tetapi juga menjadi kering seperti sedang dehidrasi. Stres juga dapat menyebabkan kulit Anda untuk berhenti dari fungsi terbaiknya, yang berarti kulit yang terlihat muda dan bercahaya menjadi kulit yang kusam.

Jika Anda menderita kondisi kulit kronis seperti rosacea, eczema, atau psoriasis, stress dapat membuat kondisi kulit kronis tersebut menjadi masalah yang lebih buruk lagi. Anda bahkan bisa menderita ruam atau gatal-gatal karena stress. Kuku yang rapuh dan rambut rontok bisa terjadi pada kasus yang ekstrim diakibatkan oleh stress. Ketika sedang stres, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur yang berarti bahwa lingkaran hitam bisa muncul di bawah mata dan hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan Anda.

 

Beberapa hal yang dapat terjadi pada kulit Anda saat stres dan pilihan cara untuk mengatasinya:

Jerawat

Jerawat Anda tampak lebih buruk dari biasanya. Solusinya: Cuci wajah Anda dua kali sehari untuk membersihkan kelebihan minyak. Pada malam hari gunakan produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida untuk membunuh jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Pada siang hari, oleskan concealer yang mengandung asam salisilat untuk menyamarkan jerawat.

 

Mata Terlihat Sangat Lelah

Jika Anda menggunakan waktu malam Anda untuk bekerja, atau hal lain yang serius, sirkulasi darah Anda akan melambat, yang dapat menyebabkan pembuluh darah di bawah mata Anda membesar, muncul lingkaran hitam dan sembab. Solusinya: Anda butuh tidur. Lalu aplikasikan concealer pada riasan Anda untuk menyamarkan kantung mata.

 

Kulit Kusam

Kecerahan kulit Anda akan berkurang saat Anda stres, karena tubuh anda kekurangan cairan sehingga sel kulit mati tidak dapat luruh dengan cepat. Solusi: Pakailah face oil yang mengandung asam salisilat untuk mengangkat sel kulit mati.

 

Kulit Wajah Memerah

Stres dapat membuat kulit Anda meradang, iritasi, kering dan memicu munculnya ketombe wajah, serpihan kecil di sekitar hidung dan alis. Solusi: Pakailah masker wajah yang mengandung mentimun, chamomile dan lidah buaya untuk membuat kulit Anda rileks.

 

Sumber : Vemale.com

Sumber foto : Freepik

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami